Selasa, 01 Januari 2013

Sensasi Aromaterapi


Pilih-pilih aroma parfum juga ada strateginya. Mau tahu kenapa?

Selamat Tahun Baru Sahabat JAFRA. Yey! Setelah melewatkan liburan akhir tahun, adakah dari kamu yang kecapean dan jatuh sakit? Saat hidung mampet karena terserang influenza, ugh… rasanya nggak nafsu makan, deh. JAFRA yakin kamu juga pernah mengalami hal ini, Sahabat. Mau tahu kenapa? Karena molekul aroma yang memicu sensasi rasa nggak bisa terhirup oleh lubang hidung. Yup! Ternyata 75% sensasi rasa yang mendorong nafsu makan  ditimbulkan oleh aroma.

Begitu juga dengan kenangan yang akhirnya membangkitkan mood. Misalnya, saat aroma kayu tercium, kamu jadi kangen dengan masa kecil karena sebagian besar mainan kamu dulu terbuat dari bahan kayu. Ini terjadi karena aroma memicu sistem limbic dalam otak, yakni sistem yang menyimpan kenangan dan mengatur mood serta emosi.


Ada contoh lebih keren lagi. Menurut studi Medical University of Vienna, kombinasi aroma citrus dan lavender ampuh meredam ketegangan pasien operasi gigi.  Nah, kalau sudah tahu kedahsyatan manfaat aroma, saatnya kamu pilih-pilih aroma parfum. Berikut JAFRA kasih ‘bocoran’ tentang aroma dasar yang paling sering dijadikan campuran dalam racikan parfum ternama. Sesuaikan dengan mood, agar kamu happy terus.

Citrus
Karakteristik aroma: manis tapi ‘tajam’.
Manfaat: efektif menenangkan pikiran sekaligus membangkitkan semangat. Pada beberapa orang, aroma citrus juga meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran.

Lavender
Karakteristik aroma: lembut dan ‘tipis’.
Manfaat: menyeimbangkan mood, meredakan emosi  negatif, dan menenangkan pikiran. Jika dimaksimalkan, bahkan dapat menjadi sarana penyembuh.

Peppermint
Karakteristik aroma: kuat, manis, dan meninggakan sensasi dingin di ujung aroma.
Manfaat: mendorong perasaan semangat sekaligus menyegarkan dan menenangkan.

Bergamot
Karakteristik aroma: segar, lively, dan manis.
Manfaat: memicu perasaan semangat dan percaya diri yang mendalam.

Jasmine
Karakteristik aroma: honey-like sweetness.
Manfaat: menenangkan, membakitkan sensasi sensual dan romantis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar