Jumat, 09 November 2012

Dongkrak Karir Lewat Social Media

Dunia kerja selalu punya tantangan baru. Bagi para jobseeker, bagaimana bisa tampil meyakinkan saat interview untuk sebuah pekerjaan impian. Bagi kamu yang sudah jadi pegawai, bagaimana cara memperoleh promosi karir dari si bos.

Salah satu sarana yang bisa kamu gunakan untuk mendongkrak karir adalah social media. Ssstt… menurut studi yang terangkum dalam situs www.onlinedegrees.com , 58% para perekrut di Amerika sudah memanfaatkan social media untuk lebih mengenal kepribadian para calon karyawan maupun pegawai.

Hasil penelitian Jorgan Sundberg lebih seru lagi. Konsultan social media dari Link Humans di London ini menemukan 91% perusahaan sudah menggunakan social media untuk proses rekrutmen pegawai.

Indonesia juga tidak mau ketinggalan. Menurut Drs. Ferry W. Atmadi AK, MIM, Executive Director lembaga konsultasi dan pelatihan karir MDI Tack Training & Consultant, tren penggunaan social media untuk rekrutmen juga semakin berkembang di Indonesia meski belum terlalu gencar. Nah, supaya karir kamu ikut terdongkrak, contek tip dari JAFRA. Ini dia:



·      Cek alamat e-email
Apakah alamat e-mail kamu p1p1_chUb8y@yahoo.com atau gadisexy@aol.com? Jika iya, segera ganti. Pakai saja nama kamu. Misalnya, amanda.alesia@google.com. Lebih mudah diingat dan terkesan profesional.

·      Bangun citra, bukan curhat
Keunggulan social media adalah sifatnya lebih personal. Kepribadian kamu tercermin dari posting, termasuk status updates. Hindari memperbarui status terlalu sering, apalagi jika tidak menyangkut kepentingan banyak orang seperti “Mengapa hatiku selalu tersakiti?” Sebaiknya, tulis status yang terkait prestasi dan keahlian kamu.

·      Etika jari
Mengunggah foto dan mengomentari post orang lain, boleh-boleh saja. Tapi, jangan bersifat SARA dan politik, ya. Bayangkan jika calon bos kamu berasal dari suku tertentu merasa tersinggung dengan salah satu komentar kamu. Wah… bisa-bisa batal, deh, jadi pegawai.

·      Positif saja
Cuma butuh waktu 5,7 detik untuk menilai kesan pertama sebuah akun social media. Foto profil yang tampak positif dan profesi adalah dua hal yang paling diperhatikan. Perusahaan suka dengan individu yang selalu terlihat antusias dan optimis.

·      Kustomisasi citra
Citra bisa diatur. Setel akun Facebook kamu ke sistem customized (pelajari di facebook.com/about/control.). Atur siapa saja dan konten apa saja yang bisa dilihat publik di akun kamu. Untuk situs microblogging twitter, gunakan fasilitas Lock. Jika ingin berhenti beredar di dunia maya, hapus akun tersebut. Jangan gunakan sistem disable karena jejak kamu akan tetap terekam di dunia maya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar